Tuesday, June 26, 2018

Lets know about Sidoarjo!

Related image

Sidoarjo... Apasih yang kalian pikirkan tentang kotaku ini?.
penghasil kerupuk ikan?penghasil otak otak bandeng? apa tempat kolam lumpur lapindo ? :D






kota tempat kelahiranku ini terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Sidoarjo. Kotaku ini berbatasan dengan kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Labupaten Mojokerto di barat. Bersama dengan Gresik, kotaku ini merupakan salah satu penyangga utama kota surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila.
peta sidoarjo
yang diataskan dari segi geografis ya... kalo kotaku kita bahas dari segi kuliner wuhhhh... g ada duanya. Dari letak sidoarjo saja sudah kalian ketahui kalo makanan dari sidoarjo,madura,pasuruan,bahkan mojokerto pun ada  di sidoarjo. tapi sidoarjo juga gak kalah, sidoarjo juga memiliki makanan khas yaitu otak-otak bandeng,petis,bandeng presto,telur asin,lontang kupang, dan kerupuk udang. nyum... :P dari makanan-makanan itu tuh mempunyai ciri khasnya masing-masing lho..yang membuat tidak mudah untuk melupakanya. tap ciri khusus masakan sidoarjo itu ya sambel petis dari udang ebi yang mantab abis. 


Bahkan kotaku ini dari segi budaya tidak mau kalah sama budaya dari kota-kota lain seperti bali dan madura. sidoarjo pun memiliki tarian khas yaitu tari udang windu  dan bandeng nener yang melambangkan sumber penghasilan dari kota sidoarjo.penasaran? ini nih videonya.



Image result for makna tarian udang windu khas sidoarjo

jadi itulah kota asalku dimana aku lahir dan aku bangga akan hal itu




No comments:

Post a Comment